Penyebab Rendahnya Kadar Kolesterol HDL

Penyebab Rendahnya Kadar Kolesterol HDL

High-density lipoprotein atau HDL (dikenal pula sebagai kolesterol “baik”) adalah komponen menguntungkan yang dapat mencegah plak dan penyumbatan arteri. Penyumbatan arteri dapat memicu serangan jantung dan stroke.

Ketika tingkat kolesterol HDL rendah, tubuh tidak dapat menghilangkan low-density lipoprotein (LDL, juga dikenal sebagai kolesterol “jahat”), sehingga penumpukan plak arteri lebih mungkin terjadi.

Kedua jenis kolesterol (HDL dan LDL) diperlukan untuk menjaga fungsi tubuh tetap normal, hanya saja perlu tetap dijaga keseimbangannya.

Kadar LDL di bawah 100 mg/dl dan HDL diatas 60 mg/dl dianggap optimal.

Berikut adalah dua hal yang menyebabkan kadar kolesterol HDL menjadi rendah.

Kadar HDL Rendah akibat Gaya Hidup

Rendahnya tingkat kolesterol HDL sangat dipengaruhi oleh diet. Selain diet, gaya hidup tertentu juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Sebagai contoh, obesitas dan diabetes tipe 2 dikenal bisa membatasi jumlah HDL dalam aliran darah.

Kurang olahraga teratur, tekanan darah tinggi, dan merokok juga berkontribusi atas rendahnya kadar HDL.

Berhenti merokok, olahraga aerobik secara teratur (jalan, joging atau berenang), dan menurunkan kelebihan berat badan akan bermanfaat mempertahankan tingkat yang tepat atas kolesterol HDL.

HDL Rendah akibat Diet

Alasan lain untuk kadar rendah HDL adalah karena tidak mengkonsumsi jenis makanan yang tepat.

Minyak tak jenuh tunggal, seperti zaitun, kacang tanah, dan minyak canola, cenderung meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Namun, pastikan minyak tersebut tidak terhidrogenasi atau sebagian-terhidrogenasi, karena minyak terhidrogenasi mengandung lemak trans yang memiliki efek negatif terhadap HDL.

Untuk alasan ini, selalu periksa label makanan untuk menghindari lemak trans dan minyak terhidrogenasi.

Asam lemak omega-3 juga bisa membantu menyeimbangkan kadar LDL dan HDL. Kurangnya nutrisi esensial dapat berkontribusi dalam jumlah HDL yang rendah.

Untuk memperbaiki kondisi ini, konsumsi biji rami dan berbagai ikan seperti salmon dan tuna.

Kebutuhan akan asam lemak omega-3 juga dapat dipenuhi melalui suplemen minyak ikan dan kapsul minyak biji rami.

Meskipun karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh, diet dengan lebih dari 60% karbohidrat dipercaya dapat membuat rendah kadar kolesterol HDL.

sumber: oketips.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s