Asam Lemak Omega 3 Menurunkan Kolesterol

Asam Lemak Omega 3 Menurunkan Kolesterol

Asam lemak omega-3 dikenal ampuh untuk menurunkan kadar kolestrol.

Berikut akan diulas mengenai bagaimana asam lemak omega-3 mampu menurunkan kolesterol.

Meningkatkan Kolesterol Baik

Asam lemak omega-3 penting untuk mempertahankan tingkat kesehatan yang baik.

Tubuh manusia tidak menghasilkan asam lemak omega-3 sendiri, sehingga harus dicukupi kebutuhannya dari makanan.

Salah satu manfaat terbesar asam lemak omega-3 adalah kemampuannya menurunkan kolesterol.

Selain menurunkan kolesterol jahat, asam lemak omega-3 juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kolesterol baik disebut juga sebagai high density lipoprotein (HDL). Kolesterol HDL mempunyai kemampuan melindungi tubuh terhadap penyakit jantung.

Orang-orang yang mengikuti diet kaya omega-3 tercatat mampu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan jumlah trigliserida (sejenis  lemak) yang mengalir dalam darah.

Mengurangi Kolesterol Jahat

Seperti diulas sebelumnya, asam lemak omega-3 mampu menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat disebut pula low density lipoprotein (LDL).

Terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah dapat membentuk plak di dinding arteri sehingga bisa memicu penyakit jantung atau stroke.

Orang yang mengonsumsi suplemen minyak ikan yang kaya asam lemak omega-3 menunjukkan penurunan jumlah kolesterol LDL dan trigliserida.

Menurunkan Kolesterol Total dan Trigliserida

Tubuh manusia mendapatkan kolesterol melalui makanan. Selain dari makanan, tubuh juga memproduksi kolesterol sendiri.

Itu sebab, penting untuk memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi. Konsumsi makanan yang tidak terkontrol bisa menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah.

Pusat Pelaporan Medis University of Maryland melaporkan bahwa makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat menurunkan kolesterol total dan trigliserida.

Rekomendasi

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik.

American Heart Association merekomendasikan makan ikan minimal dua kali seminggu. Ikan memiliki lemak jenuh lebih rendah dibanding yang ditemukan dalam daging.

Lemak ikan seperti yang terdapat dalam makarel, trout, sarden, tuna, dan salmon merupakan pilihan terbaik karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.

Selain ikan, asam lemak omega-3 bisa ditemukan dalam makanan lain seperti tahu, kedelai, kanola, biji rami, dan kenari.

sumber: oketips.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s