Makanan untuk Jantung Sehat

Makanan untuk Jantung Sehat

Perubahan pola diet adalah cara yang paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) yang dikenal pula sebagai kolesterol jahat.

Tingkat kolesterol LDL yang terlalu tinggi dapat membentuk plak di arteri dan menghambat peredaran darah.

Jika penyumbatan terlalu parah, risiko seseorang mengalami serangan jantung atau stroke akan meningkat.

Perubahan diet dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Berikut adalah makanan yang dianjurkan dikonsumsi untuk menurunkan level kolesterol LDL.

1. Makanan dengan Serat Larut

Serat larut menurunkan penyerapan kolesterol dalam usus. Makanan kaya serat larut dapat ditemukan pada oatmeal, kacang merah, apel, dan pisang.

2. Asam Lemak Tak Jenuh Ganda

Walnut dan almond merupakan makanan yang kaya akan asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak ini berperan menjaga pembuluh darah tetap sehat.

Karena walnut dan almond memiliki kandungan kalori yang tinggi, dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Asam Lemak Omega-3

Ikan merupakan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 baik untuk jantung karena mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Berbagai jenis ikan seperti sarden, tuna dan salmon memiliki banyak asam lemak omega-3. Disarankan untuk mengonsumsinya setidaknya dua porsi per minggu.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol LDL.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun jenis extra virgin merupakan jenis yang paling efektif menurunkan LDL.

Konsumsi minyak zaitun setidaknya 2 sdm. per hari.

5. Plant Sterols

Makanan yang diperkaya dengan plant sterol seperti margarin, jus dan yogurt bisa membantu menahan penyerapan kolesterol oleh tubuh.

sumber: oketips.com

2 thoughts on “Makanan untuk Jantung Sehat

  1. [...] ikan, asam lemak omega-3 bisa ditemukan dalam makanan lain seperti tahu, kedelai, kanola, biji rami, dan [...]

  2. [...] Ada beberapa cara untuk menjaga agar kolesterol LDL tetap rendah. Pertama adalah melalui pola makan sehat. [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s