Manfaat VCO untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat VCO untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Hamil merupakan dambaan bagi setiap wanita, apalagi pasangan baru. Oleh sebab itu, kondisi pada masa kehamilan harus diperhatikan. Keadaan ibu hamil akan mencerminkan bagaimana keadaan janin yang dikandung terutama masalah asupan gizi yang mencukupi bagi pertumbuhan janin.

Pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita dipengaruhi saat berada dalam kandungan. Pada masa inilah pembentukan organ tubuh dimulai. VCO (minyak kelapa murni) ternyata memberikan dampak yang baik bagi ibu hamil dan janinnya karena kandungan MCFA (Medium Chain Fatty Acid). Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa pada masa kehamilan juga membutuhkan asupan lain seperti asam folat, zat besi, dan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi, vitamin A, dan vitamin D.

 
Bagaimana dengan ibu menyusui ? Penelitian yang dipublikasikan pada 1998 oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa ibu menyusui yang mengkonsumsi minyak kelapa atau produk olahannya, kandungan asam laurat dan asam kaprat dalam air susunya meningkat secara signifikan. Asam laurat dan asam kaprat berfungsi sebagai agen antimikrobial. Asam lemak sebagai formula yang dapat melindungi bayi dari virus, seperti herpes, HIV, protozoa (lamblia), dan bakteri (clamidya dan helicobacter).
VCO mengandung MCFA (Medium Chain Fatty Acid) yang merupakan komponen asam lemak berantai sedang. Beberapa fungsi MCFA antara lain :
  • memudahkan bayi atau calon bayi menyerap nutrisi
  • memperbaiki penyerapan vitamin, mineral, dan protein yang larut lemak
  • meningkatkan absorbsi kalsium yang penting bagi pertumbuhan
  • melindungi bayi dari mikroorganisme berbahaya.
Pemberian asupan makanan yang mengandung MCFA pada ibu menyusui akan menghasilkan air susu yang kaya akan MCFA.
 
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu selama masa kehamilan, yaitu pola makan. Beberapa prinsip pola makan yang baik selama hamil:
 

1.  Ubah cara makan sesuai dengan pola  makan ibu hamil
2.  Hindari makanan yang membahayakan ibu dan janin
3.  Makan dalam porsi kecil tapi sering
4.  Minum vitamin untuk ibu hamil dengan teratur
5.  Minum air yang cukup
6.  Makan makanan berserat, buah-buahan, dan sayuran.

Kapan seseorang dapat memulai memberikan kasih sayang pada buah hatinya? Jawabnya sangat mudah, anda sudah dapat memulainya sejak dini yaitu dengan memberikan nutrisi makanan yang terbaik bagi bayi anda selama dalam kandungan. Ingatlah perkembangan bayi sangat tergantung dari apa yang ibu berikan dan lakukan baginya. [agustin]
 
Sumber: piogama.ugm.ac.id

One thought on “Manfaat VCO untuk Ibu Hamil dan Menyusui

  1. […] kelapa murni dapat meningkatkan MCFA pada ibu menyusui sampai tiga kali lipat. Pemberian asupan makanan yang mengandung MCFA pada ibu menyusui akan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s