Perbedaan Miom dan Kista

Perbedaan Miom dan Kista

Ada dua istilah / kata yang sekarang ini lebih sering kita dengar yaitu miom dan kista, kedua kata ini adalah nama bagi tumor yang tumbuh / terdapat di dinding rahim dan kondisi ini dialami oleh para wanita. Dan kali ini akan kita bahas tentang miom dan perbedaanya dengan kista, karena mungkin banyak di antara sobat herbal yang belum mengetahui perbedaan antara mion dan kista, untuk lebih jelasnya mari kita sinak uraiannya.
     Dalam dunia medis modern hari ini, miom adalah istilah untuk tumor yang menempel di dinding rahim, pertumbuhan miom bisa berjalan cepat dan lambat mulai dari sebesar kacang polong sampai sebesar buah anggur bulat dan kenyal. Dan data statistic medis mengungkapkan bahwa miom tidak bebahaya karena jarang yang kemudian berubah menjadi kanker.
 
      Bagi mereka yang mengalami kasus seperti ini apakah masih berpeluang untuk hamil ? jawabannya masih ada walaupun peluang kehamilan menurun/berkurang, kejadian seperti ini dapat terjadi apabila miom tumbuh di saluran leher rahim, karena dapat menghambat masuknya sperma ke dalam rahim  sehingga mempersulit pembuahan dan solusinya adalah miom harus diangkat/dibuang. Miom juga dapat mengurangi potensi kehamilan apabila miom tumbuh di dinding rahim karena dapat menghambat penanaman / implantasi sel telur yang telah dibuahi. Apabila terjadi juga kehanilan dan berlanjut terus sementara ada miom di dalam rahim, maka untuk kasus seperti ini penderita harus ekstra hati-hati karena pada trimester pertama ada ancaman / peluang keguguran karena miom yang tumbuh membesar akan mendorong embrio sehingga tidak dapat menempel dengan baik di dinding rahim. Dan apabila kehamilan terus berlanjut miom yang semakin membesar dapat mendesak janin sampai plasenta pravia ( plasenta tumbuh dibawah rahim ) yang akan mengakibatkan pendarahan pada saat persalinan.
 
     Lalu apa gejala yang ditimbulkan dari miom ?
 
Apabila miom masih dalam ukuran kecil, sangat sulit untuk dideteksi tetapi bila miom sudah membesar akan timbul gejala-gejala sebagai berikut :
 
  • Penderita akan mengalami nyeri pada perut atau pinggul
  • Perut akan terasa penuh dan kadang membesar seperti wanita yang sedang hamil
  • Penderita akan merasakan nyeri pada saat bersenggama
  • Penderita akan lebih sering membuang air kecil karena miom menekan kantung kemih
  • Mengalami gejala anemia karena kehilangan darah haidh
  • Serta mengalamai gangguan pada siklus haid seperti tidak teratur, nyeri dan pendarahan tidak normal ( haid lebih banyak / lebih lama )
 
    Perbedaan antara miom dan kista :
 

MIOM

 
Secara difinisi, miom adalah bungkus otot rahim yang berubah menjadi tumor jinak/daging tumbuh di dalam rahim. Sebagian besar miom tumbuh didalam dinding rahim dengan gejala yang ringan dan jarang mengganggu kehamilan. Penyebab terjadinya miom adalah karena faktor hormonal, terutama hormon estrogen dan miom cenderung berkembang pada masa reproduksi dan dapat berkembang dengan pesat seiring dengan masa kehamilan, miom akan menecil pada saat wanita mengalami menopause ketika kadar hormon estrogen berkurang. Dan faktor lainya adalah ketidakseimbangan emosi seperti setres, daya tahan tubuh rendah dan pola hidup yang tidak seimbang. Dan solusi bagi miom adalah miomektomi ( pengangkatan miom tanpa menyertakan rahim ) atau mengangkat miom bersamaan dengan rahim.
 

KISTA

 
Secara difinsi kista adalah tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan dan berisi cairan, kista biasa terdapat di dalam rahim, saluran telur, indung telur dan dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva ( alat kelamin bagian luar ) belum ada keterangan yang valid tentang penyebab kista akan tetapi para ahli medis mencurigai bahwa pencemaran dari bahan-bahan yang bersifat karsinogenik sebagai penyebabnya ( zat kimia ) . Solusi / penanganan pada kista tergantung jenis kista yang akan ditangani, apabila kista berjenis kistanon – neoplastik  maka tidak perlu ada penanganan khusus karena biasanya akan mengecil dalam waktu 2 – 3 bulan. Tetapi untuk jenis kista neoplastik penagananya adalah dengan cara diangkat / operasi, operasi relative mudah dan tidak membahayakan kesehatan.
sumber: pasarherbaltop.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s