VCO bagi Ibu Hamil dan Akan Melahirkan

VCO bagi Ibu Hamil dan Akan Melahirkan

Mengenai manfaat VCO, menurut dokter Zainal Gani, sudah banyak ahli yang tidak meragukan. Bahkan di Indonesia, khususnya Jawa, para orangtua kita dulu sudah mengenalnya meskipun tidak dijelaskan secara ilmiah. Misalnya manfaat minyak kelapa (klentik) untuk orang hamil. Sekarang bisa dijelaskan bahwa kelapa mengandung asam lemak jenuh rantai sedang (medium chain fatty acids), disingkat MCFA. Yaitu asam laurat dan asam capric. MCFA dalam minyak kelapa (klentik) berfungsi melindungi janin dari serangan virus dan mikroorganisme lain. Ini sangat bermanfaat untuk kehamilan muda. Sementara pada kehamilan tua, MCFA diubah menjadi energi yang sangat dibutuhkan saat melahirkan, sekaligus meningkatkan kuantitas dan kualitas air susu ibu. 1)

Pertumbuhan serta perkembangan bayi dan balita sangat dipengaruhi saat berada dalam kandungan. Inilah yang sangat menentukan karena di situlah pembentukan organ tubuh dimulai. Kandungan yang sehat ditentukan oleh ibu yang sehat. Bila ibu menderita penyakit maka kondisi janin akan terpengaruh.

Mengkonsumsi VCO dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi Ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Minyak kelapa murni dapat membantu dalam proses persalinan dan mampu memberi energi sehingga ibu mempunyai tenaga yang lebih besar. Minyak kelapa murni juga mampu mengembalikan kebugaran ibu secara cepat setelah persalinan.

Penelitian yang dipublikasikan pada 1998 oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa air ibu menyusui yang mengkonsumsi minyak kelapa dan produk olahannya secara signifikan kandungan asam laurat dan asam kaprat dalam air susunya meningkat.

Ibu yang mengkonsumsi minyak kelapa kandungan asam laurat dalam air susunya meningkat menjadi 21% dan asam kaprat 6% sehingga bisa memberikan perlindungan terhadap virus, bakteri dan protozoa.

Minyak kelapa murni dapat meningkatkan MCFA pada ibu menyusui sampai tiga kali lipat. Pemberian asupan makanan yang mengandung MCFA pada ibu menyusui akan menghasilkan susu yang kaya akan MCFA.

Beberapa manfaat MCFA dalam minyak kelapa murni bagi bayi:

  • Memudahkan bayi menyerap nutrisi yang dibutuhkan
  • Memperbaiki penyerapan vitamin, mineral dan protein yang bisa dilarutkan oleh lemak
  • Meningkatkan absorbsi kalsium yang penting bagi pertumbuhan bayi
  • Melindungi bayi dari mikroorganisme berbahaya 2)

Kalau seorang ibu tidak makan makanan yang mengandung MCFA dan tidak makan pada saat menyusui, maka kelenjar susu hanya akan mampu menghasilkan sekitar 3% asam laurat dan 1% asam kaprat. Anak akan kehilangan nutrisi dan juga perlindungan antimikrobial yang tidak dapat diperoleh bayinya. 3)
—————–
1) Ja Noertjahyo, Zainal Gani, Dokter Umum Spesialis Herb, KOMPAS
2) Sutarmi, STp., Taklukkan Penyakit dengan VCO, Jakarta 2005, hal. 44-46
3) Bruce Fife, N.D, The Healing Miracles of Coconut Oil, Colorado 2001, page 97 (terjemahan)

sumber: gogreen.web.id

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s